Kumpulan Info Menarik dan Bermanfaat

Inilah Tata Cara Sholat Dhuha dan Fadilah Sholat Dhuha

Written on 07/07/2017   By   in Berita

Sholat Dhuha merupakan salah satu sholat yang memiliki hukum sunnah. Dengan begitu ketika mengerjakan sholat Dhuha, kita akan mendapatkan pahala, namun tidak berdosa ketika meninggalkannya. Akan tetapi karena sholat sunnah ini adalah sholat yang istimewa bahkan Rasulullah sendiri teleh mewasiatkan sholat Dhuha kepada Abu Hurairah, maka sebaiknya kita mulai menjadikan sholat Dhuha sebagai amalan harian.

Sholat Dhuha ini dikerjakan pada waktu pagi, lebih tepatnya ketika matahari sudah naik kurang lebih 7 hasta atau kira – kira pukul 7 pagi. Pelaksanaannya, boleh dikerjakan secara berjamaah dan boleh dikerjakan sendiri.

Tata Cara Sholat Dhuha

Lalu bagaimana tata cara sholat Dhuha tersebut? Simaklah ulasan berikut ini.

  1. Niat. Seperti sholat – sholat lainnya, hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai sholat adalah melafalkan niat. Perlu dijadikan catatan juga bahwa untuk pelafalan niat ini tidak cukup pada pelafalan niat melalui lisan, namun harus disempurnakan dengan niat dalam hati.
  2. Takbiratul Ihram. Usai takbiratul ihram, akan lebih baik jika diiringi dengan membaca do’a iftitah.
  3. Membaca surat al – Fatihah
  4. Membaca ayat al – Qur’an atau surat – surat lainnya
  5. Ruku’
  6. I’tidal
  7. Sujud
  8. Lalu duduk diantara dua sujud
  9. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  10. Kemudian berdiri lagi untuk mengerjakan rakaat kedua
  11. Dst, hingga salam.

Fadilah Sholat Dhuha

Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang istimewa. Di dalamnya terdapat fadilah atau keutamaan – keutamaan sebagai berikut:

  1. Seseorang yang mengerjakan sholat Dhuha, maka akan diberi perlindungan dan penjagaan dari Allah sepanjang hari
  2. Dosa – dosa yang telah lalu dihapuskan
  3. Terjaga dan terhindar dari perbuatan yang buruk
  4. Tercatat sebagai hamba yang taat sebab sholat Dhuha termasuk sholat sunnah awwabin (sholat sunnahnya orang – orang yang taat)
  5. Mendapatkan pahala yang setara dengan ibadah haji dan umroh, sama dengan bersedekah 360 kali dimana sedekah ini merupakan sedekah wajib setiap ruas anggota tubuh manusia.

Demikian tadi tata cara sholat Dhuha serta fadilah sholat Dhuha yang akan didapatkan ketika kita rutin melaksanakan sholat sunnah ini. Mari luangkan sedikit waktu di pagi hari sebelum memulai aktivitas dengan hal yang baik, yakni sholat Dhuha.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *