Kumpulan Info Menarik dan Bermanfaat

Category: Kuliner

Resep Membuat Mie Ongklok

Resep Membuat Mie Ongklok – Jika ada yang beripikir mie ongklok sama dengan mie ayam tentu hal yang tidak benar, karena daging yang di gunakan mie ongkok adalah daging sapi bukan gading ayam. Dan yang membuat mie ongklok terasa sangat enak adalah bumbu nya yang kaya akan rempah.

Iya makanan khas jawa tengah lebih tepat nya dari wonosobo ini memang terasa sangat nikmat. Apalagi kuah yang di gunakan terbuat dari kuah kental bukan kuah cair pada umum nya. Dengan di padukan dengan sayuran daging sapi dan mie kuning pada umum nya.

Mie Ongklok

Kuah kental yang terdapat pada makanan ini lah yang membuat cita rasa nya semakin nikmat, terbuat dari saripati singkong, gula jawa, serta udang kering membuat mie ongklok berbeda dengan mie-mie yang lain.

Akan tetapi tidak usah khawatir, bagi anda yang ingin menyantap mie ongklok akan tetapi anda tidak bisa membeli nya karena di sekitar kita tidak ada yang menjual nya kita bisa membuat nya sendiri, karena pada umum nya resep yang di gunakan sama persis dengan resep masakan jawa tengah sehari-hari yang biasa kita buat.

Berikut ini resep cara membuat mie ongklok :

 

Bahan :

  • Mie kuning basah
  • Minyak goreng secukup nya
  • Daging sapi rebus Secukup nya
  • Kuah daging
  • Bawang Goreng

 

Bahan Bumbu :

  • 3-4 Siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1-2 sendok teh merica
  • 5 buah lembar daun kol lalu potong-potong
  • 1-2 daun bawang iris tipis
  • Kecap manis secukup nya
  • 1-2 sendok makan tepung tapioka

 

Cara membuat mie ongklok :

  • Haluskan bumbu yang sudah saya sebutkan di atas
  • Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu sampai muncul aromas sedap dari bumbu
  • Kemudian masukkan garam, kecap manis, aduk sampai rata
  • Lalu masukkan daging sapi yang sudah kita rebus
  • Larutkan tepung tapioka besrta air secukup nya untuk mengentalkan
  • Masukkan mie kuning basah, jika memakai mie kering rebus terlebih dahulu
  • Masukkan sayuran mulai dari daun kol dan daun bawang
  • Taburkan bawang goreng aar terasa lebih nikmat

 

Jika di tempat asal nya wonosobo mie ongklok biasa di santap dengan gading sate, agar terasa lebih nikmat, kita juga bisa menirunya dengan membuat daging sate sapi, akan tetapi jika merasa terlalu berlebihan kita bisa menyantap mie ongklok dan rasa nya juga tidak kalah nikmat.

Bagaimana cara membuat nya cukup mudah bukan, hal itu karena bumbu yang di gunakan secara garis besar sama saja dengan resep masakan jawa pada umum nya, terima kasih.

09/23/2017     0 Comments

Diet Dengan Cara Memakan Biskuit Enak

Ada banyak sekali yang bisa anda lakukan untuk yang ingin mendapatkan program diet lebih awal tentu saja kebanyakan dari mereka ingin melakukan diet karena mereka ingin memiliki rasa percaya diri ketika mereka menghadap dengan public yang kebanyakan dari mereka akan melihat terlebih dahulu bentuk fisik yang benar.

Bentuk fisik tidak mewakili segalanya namun anda juga harus ingat bahwa apa yang dilihat oleh orang lain yaitu orang asing tentunya akan melihat cover diri Anda secara fisik terlebih dahulu baru mengenal anda lebih dalam.

Diet Dengan Cara Memakan Biskuit Enak

Tidak mungkin Jika Anda langsung bisa memamerkan inner beauty kepada orang lain sementara anda sendiri tidak menjaga penampilan luar dari diri anda itulah mengapa anda harus mengetahui bagaimana cara mendapatkan tubuh yang ideal tentu saja salah satunya adalah dengan anda melakukan diet biskuit enak yang bisa anda jadikan untuk menu alternatif diet.

 

Tentu saja bisa anda temukan di beberapa toko yang ada di tempat anda ketika anda mendapatkan sesuatu yang cocok untuk anda. Pastikan anda mengetahui manfaatnya apa yang tidak boleh dimakan.

Ketika diet adalah beberapa diantaranya seperti nasi karena mengandung karbohidrat dan lemak yang cukup tinggi sehingga akan mengganggu program diet Anda yang seharusnya tidak mendapatkan karbohidrat yang terlalu tinggi untuk nutrisi sendiri tidak perlu Terlalu masif.

Karena ketika terlalu banyak nutrisi yang masuk sebenarnya malah akan menggagalkan diet anda Setiap orang pasti memiliki kekuatan fisik yang berbeda-beda.

Oleh karena itu para dokter menganjurkan beberapa jenis tingkatan diet yang berbeda-beda pula jika semua orang sama dalam keadaan fisik nya tentu saja program diet juga disamakan semua namun tentu saja setiap orang memiliki bentuk dan kekuatan fisik yang berbeda-beda.

 

Oleh karena itu beberapa jenis diet yang ada dan diciptakan oleh dokter patutnya untuk kita ikuti dan bukan kita malah menjalankan diet sesuai dengan keinginan kita sendiri karena jika kita menjalankan diet yang tidak sesuai dengan aturan dokter maka yang akan terjadi justru tubuh kita akan mengalami suatu keadaan dimana bisa kita sebut sebagai gizi buruk.

Anda bisa mendapatkan macam-macam biskuit untuk diet pengganti dari pada nasi sebagai karbohidrat melalui website Lemonilo itu yang bisa diakses dengan mudah dengan perangkat smartphone milik anda.

Dengan mudahnya akses melalui perangkat smartphone tersebut Anda bisa dapatkan banyak sekali manfaat di antaranya anda sudah tidak perlu lagi untuk keluar rumah hanya sekedar membeli biskuit saja Anda bisa membelinya melalui perangkat smartphone anda dan mengakses website Lemonilo berbelanja dengan mudah dan aman tentunya dari kejahatan kejahatan cybercrime.

Dan inilah saatnya untuk Anda mencoba mau tunggu apa lagi.

07/19/2017     0 Comments

Ingin buka usaha catering? Menu makanan ini bisa jadi inspirasi

 

Semua orang pasti membutuhkan makanan. Oleh sebab itu, saat ini merintis usaha makanan adalah hal yang cukup menjanjikan. Makanan yang memiliki cita rasa yang khas pasti akan sangat mudah menemukan pelanggannya, apalagi jika dasarnya memang sudah menyukai masak. Usaha makanan seperti catering bisa kamu lakukan dengan senang hati.

 

Sebelum memulai usaha catering urusan memilih menu makanan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan menu yang dipilih umum seperti nasi kotak, tidak ribet, tidak cepat basi, dan memiliki harga yang terjangkau. Supaya tidak bingung kali ini beberapa menu makanan yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk daftar menu catering. Simak dibawah ini ya.

 

Menu kue basah

Merupakan salah satu menu yang banyak dicari baik diacara biasa atau diacara besar seperti diseminar. Mengingat menu kue basah ini sering dicari orang, kamu perlu banget nih memasukan menu ini kedaftar menu maskan catering yang ingin kamu buat. Proses pembuatan kue basah pun lebih mudah dari pada harus memasak makanan.

 

Ayam goreng atau bakar bisa dijadikan menu pilihan

Sekedar untuk makan siang acara keluarga atau kantor, menu makan ayam goreng yang ditambah dengan lalapan dan sambal sering dicari orang. Apalagi jika masakananya memiliki cita rasa yang enak, dijamin deh catering kamu bisa jadi pilihan.

 

Menu nasi kuning dengan lauk pauknya

Nasi kuning dengan lauk pauknya menjadi salah satu menu makanan yang sering dicari oleh banyak orang. Tidak hanya berbentuk nasi kuning box saja, tetapi nasi kuning pun bisa disimpan dalam bentuk tumpeng. Harganya pun lebih terjangkau dimasyarakat, dan bisa dijadikan sebagai symbol pada acara tertentu.

 

Rendang dan ayam hijau dijamin bikin ketagihan

Menu lain yang sering dipesan oleh pelanggan ialah makanan-makanan khas padang seperti rendang dan ayam hijau. Makanan ini memang memiliki proses memasak yang rumit dan lama, tapi jangan khawatir asalkan masakan rendang dan ayam hijaumu memiliki rasa sudah pasti pelanggan akan ketagian dengan masakan catering kamu.

 

Aneka gorengan jangan sampai ketinggalan

Gorengan menjadi salah satu menu yang jangan sampai ketinggalan di daftar menu cateringmu, aneka jenis gorengan memiliki harga yang murah meriah makanya jangan sampai ketinggalan ya.

 

Hal yang penting jika ingin membuka usaha catering ialah citarasa dan keunikan dari makanan yang dibuat. Menu boleh saja umum, tapi cobalah mengemasnya dengan sesuatu yang berbeda supaya terlihat unik dan lebih menarik. Karna jika catering kamu memiliki keunikan tersendiri sudah pelanggan akan ketagihan.

 

Kira-kira menu apa lagi yang pas dan cocok dimasukan kedalam daftar menu catering? Yang pasti apapun menunya jangan lupakan soal rasa yang harus tetap terjamin.

05/22/2017     0 Comments

RESEP KUE KERING COKLAT KACANG TANAH SPESIAL ALA KOKI TERKENAL

kue kering coklatRESEP KUE KERING COKLAT KACANG TANAH SPESIAL ALA KOKI TERKENAL. Bagi para ibu dan remaja putri pasti suka memasak kan??, sebagaian besar memang begitu meski tidak semuanya. ada juga yang lebih suka membeli saja . disamping tidak mau repot, kadang kita disibukkan dengan berbagai macam hal yang menyita waktu sehingga sudah tidak ada kesempatan untuk memasak dirumah. mungkin sesekali anda ingin membuat sesuatu yang spesial untuk keluarga dirumah. jika anda mencari resep yang enak dan mudah di aplikasikan, anda bisa mencoba yang satu ini.

Siapa yang tak suka kue kering, rasanya yang kriuk dengan aroma coklat atau kadang keju membuat kita ingin terus menyantapnya. jika kaleng kue kering masih ada didekat kita, dengan mudahnya kita akan terus mengambil. jadi buat anda yang sedang berdiet sebaiknya jauhkan kue kering dari jangkauan anda. bagi ibu dan remaja putri yang suka membuat resep kue, berikut kami bagikan resep kue kering kacang coklat yang sangat mudah sekali untuk membuatnya.

Negara kita kaya akan berbagai bahan alami dan rempah untuk membuat aneka masakan nusantara salah satunya adalah resep kue kering coklat yang ternyata sangat mudah membuatnya .

NILAH RESEP KUE KERING COKLAT KACANG TANAH DENGAN TAMBAHAN KISMIS yang banyak

Bahan-Bahan yang digunakan untuk membuat Kue Kering Coklat Kacang Tanah Spesial :

  • siapkan kacang tanah yang kualitasnya sangat  bagus, bersih dan masih segar sebanyak 250 gram, kemudian disangrai dan ditumbuk hingga halus. kualitas kacang tanah akan mempengaruhi hasil kuenya nanti
  • gula pasir sebanyak 200 gram, gunakan gula pasir yang putih karena itu sudah melalui proses penyaringan sehingga diharapkan sehat untuk tubuh, jika anda diabet maka kurangi makan kue kering ya, karena tidak baik untuk kesehatan anda
  • Siapkan juga 225 ml Minyak goreng yang bagus
  • garam meja ½ sendok teh
  • Telur ayam cukup 2 butir, (dimana 1 butir untuk adonan dan yang satunya lagi untuk bahan olesan)
  • Juga coklat bubuk sebanyak 50 gram
  • Tepung Terigu sebanyak 300 gram, gunakan tepung terigu merk segitiga biru
  • Dan yang terakhir adalah Baking powder secukupnya atau 1 sendok makan saja

Diatas tadi adalah bahan-bahan resep kue kering coklat yang harus disiapkan sebelum kita mulai membuat KUE KERING COKLAT KACANG TANAH SPESIAL . berikut ini adalah cara membuatnya

  1. Mencampurkan semua bahan antara lain  tepung terigu, coklat bubuknya beserta baking powder  hingga benar benar tercampur sempurna
  2. Gunakan wadah untuk mencampurkan bahan-bahan seperti minyak goreng, dengan gula, kacang tanah yang telah halus tadi, beserta telur. Aduk bahan hingga merata
  3. Langkah selanjutnya adalah  membentuk adonan yang telah siap tadi menjadi bentuk yang kita inginkan seperti dengan membentuk adonan menjadi bola-bulat sebesar kelereng, atau bisa juga dengan bentuk pipih atau juga sesuai selera kita yang penting terlihat bagus. bentuk adonan sesuai selera anda. jika anda membuat kue dengan si kecil, tanyakan padanya bentuk apa yang dia suka, agar anak merasa ikut dilibatkan dalam pembuatan kue itu. tentunya ini akan membuat dia merasa senang.
  4. Tahap selanjutnya kita berikan kismis di atas adonan yang telah dibentuk tadi, kemudian olesi dengan kuning telur
  5. Kemudian panggang hingga matang, atau dengan ciri kue telah berubah warna menjadi kuning
  6. Terakhir angkat kuenya untuk di dinginkan
  7. Kue siap buat disantap. masukkan dalam kaleng dan tutup rapat. temukan juga aneka resep masakan indonesia yang sangat enak hanya disini

02/20/2017     0 Comments

Snack Jaman Dulu Jadul ’90an Wafer Superstar Superman

Jika anda pernah coba Snack Jaman Dulu Jadul ’90an Wafer Superstar Superman, berarti anda seumuran dengan saya. Mari ingat kembali Memori SNACK JAMAN DULU JADUL YANG NGANGENI

Snack Jaman Dulu Jadul Wafer Superstar Superman

Snack Jaman Dulu Jadul ’90an Wafer Superstar Superman

Lumuran Rasa coklat yang manis, Ukuran wafer yang panjang, rasa kress saat dimakan menjadikan Wafer Superstar sebagai salah satu snack yang bisa dibilang legendaris bagi anak anak yang merasakan kehidupan masa sekolah antara tahu ’90 an dan ’00

Pada jaman tersebut pilihan snack untuk dikonsumsi anak anak sekolah meang sangat terbatas, terutama snack yang diproduksi oleh pabrikan besar. Wafer Superstar Superman adalah salah satu diantara makanan ringan yang hadir saat itu

Sejarah Wafer Superman

Wafer Superman diproduksi oleh salah satu perusahaan snack terbesar di Indonesia, Mayora Indah.

Untuk menyasar segmen terbawah dengan jumlah konsumen paling banyak di seluruh Indonesia yaitu anak anak, Mayora Indah memproduksi Snack Wafer dengan lumuran coklat dibungkus dengan kemasan Metalize bernama Wafer Superstar

Ukuran besar, rasa renyah dan manis disertai kemasan menarik terpapang gambar Sosok Super hero kebanggan anak anak yaitu Superman si  manusia super kuat bisa terbang asli Amerika menjadikan snack ini sangat cepat di terima oleh anak anak

Saya pertama kali tahu Wafer ini saat duduk dikelas 3 sekolah dasar yaitu sekitar tahun 1991, seangkatan dengan Snack Mie Anak Mas. Terus terang daya tarik utama saya pertama kali membeli Snack Wafer Superstar karena adanya sosok pahlawan Idola saya Superman

Sebelum dimakan saya biasanya bermain main dengan menghayal menerbangkan wafer ini dengan tangan saya meliuk liuk mirip Superman saat terbang. Saat ada teman lain yang memegang snack yang sama, saya menghampirinya dan terbang disekitarny dengan harapan dia juga memaikan terbang terbangan seperti saya

Mungkin dari situlah Snack ini lebih populer dengan nama Snack Superman, karena gambarnya ada Superman. Selain Itu juga Snack ini dulunya cuman ada tulisan Wafer dan ada gambar Superman yang gede. Tulisan Superstarnya kecil banget

Sempat hilang dari peredaran, snack ini kemudian hadir dengan nama Wafer Superstar tanpa ada gambar Superman, namun akhirnya kembali ke bentuk pertama dengan Superman sebagai ikonnya

Snack Jaman Dulu Jadul ’90an Wafer Superstar Superman kini bsa didapatkan di supermarket, tapi untuk sekolah sekolah sudah tdak ada lagi

12/26/2016     0 Comments

Bahan dan Cara Pembuatan Nasi Jagung Instan

Mengolah makanan merupakan hobby yang sangat disenangi oleh sebagian orang. Banyak orang yang suka mengolah makanan negara barat atau Eropa, makanan Asia, makanan Indonesia, ada juga yang hobby memasak makanan tradisional. Orang yang menyukai atau mempunyai hobby memasak makanan tradisional biasanya adalah orang yang menyukai akan makanan yang alami yang tidak mengandung zat-zat kimia di dalamnya. Banyak sekali makanan tradisional salah satunya adalah nasi jagung.

Dalam pembuatan nasi jagung, bahan dan cara pembuatan nasi jagung instan yang paling utama adalah jagung yang dihasilkan dari sawah yang subur dan masih sangat alami. Kondisi seperti ini masih banyak ditemukan di Jawa Timur dan Jawa Tengah, sedangkan di luar jawa meskipun kondisi alamnya masih alami tapi banyak yang tidak bisa ditanami tanaman jagung.

Setelah didapatkan bahan nasi jagung maka langkah selanjutnya adalah memproses jagung pipil menjadi jagung giling atau jagung yang agak halus. Proses penghalusan pada zaman dahulu masih menggunakan lumpang (tempat menumbuk) dan alu (alat yang digunakan untuk menumbuk). Namun pada zaman sekarang orang yang ingin menghaluskan jagung menjadi butiran beras jagung tidak perlu susah-susah. Sekarang sudah ada mesin giling yang siap menghaluskan jagung dengan ukuran yang kita inginkan.

Setelah didapatkan jagung yang sudah halus langkah selanjutnya adalah membersihkan jenjet (kotoran yang menempel pada butiran jagung) dengan menggunakan air. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka gunakan air yang sehat. Seperti di daerah Pasuruan menggunakan air pegunungan yang bersih tanpa polusi. Semakin kita memperhatikan kebersihan dan sterilitas maka semakin sehat produk nasi jagung yang akan kita hasilkan.

bahan dan cara membuat nasi jagung instan

Setelah dirasa bersih maka langkah selanjutnya adalah memasaknya sampai matang. Usahakan matangnya maksimal (tidak setengah-setengah) karena kualitas masakan yang benar-benar matang akan sangat nikmat dibandingkan makanan yang kurang matang. Sebagai paduan lauknya, kamu bisa memadukan nasi jagung dengan urap-urap, ikan asin, rempeyek, tempe penyet, ikan laut, ayam dan lain-lain. Namun biasanya nasi jagung sangat cocok jika dipadukan dengan urap-urap dan ikan asin.

Cukup sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat, amin.

12/07/2016     0 Comments

Cara Membuat Pentol Bakso

Cara Membuat Pentol Bakso  – Siapa sih dari kalian yang tidak pernah memakan jajanan yang satu ini, pentol bakso memang sangat enak, bahkan bisa dibilang membuat ketagihan. pentol bakso biasa disajikan dalam bakso atau bisa juga sate pentol bakso.pentol bakso bentuknya bulat kecil terbuat dari tepung , daging sapi giling  dan berbagai bumbu yang dicampur menjadi satu adonan , kemudian dibentuk bulat kecil dengan tangan dan bantuan sendok.

Tentu pentol bakso tidak hanya dibuat dengan daging sapi, bisa juga daging kerbau , daging ayam. namun paling enak dan biasa dibuat tentu adalah daging sapi. tapi kalau pentol bakso yang dijajakan di sekolah sekolah itu palingan daging ayam atau bisa daging sapi tapi cuma sedikit , sebagai campuran. memang pentol bakso yang enak tentu membuatnya butuh bahan yang berkualitas, kualitas tentu ada harga. pentol bakso yang enak membutuhkan uang yang banyak buat membeli bahan.

Namun jika uang terbatas bisa dikreasikan dengan daging ayam kemudian dicampur daging sapi.atau dengan hanya daging ayam juga bisa. yah sekedar buat camilan , buat ngemil bersama keluarga tentu sudah cukup enak.pentol bakso enak sekali di cocol dengan saus sambal dan juga kecap. bikin ketagihan banget. biasanya saya sih sering beli pentol bakso , tapi ya cuma pentol bakso biasa yang harganya cuma 5000 rupiah , murah sekali ya. memang tapi ya cuma pentol bakso biasa. bukan pentol bakso daging sapi yang rasanya mantap itu. itu sih mahal kalau beli.

kalau kamu gimana? apakah kamu suka pentol bakso? kalau suka tentu tahu lah cara membuat pentol bakso yang enak banget? kalau belum tahu tenang saja?saya akan bagikan resep asli enak sederhana yang pastinya akan memuaskan rasa lapar kamu terhadap pentol bakso by http://kokimganteng.blogspot.com

cara membuat pentol bakso

pentol bakso

CARA MEMBUAT PENTOL BAKSO

Bahan membuat pentol bakso

  • daging sapi sebanyak 1 kilogram,
  • tepung tapioka sebanyak 250 gram
  • bawang putih 10 siung
  • merica bubuk secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • garam secukupnya

Cara membuat pentol bakso

  • haluskan daging sapi dengan cara di cincang
  • haluskan bahan bumbu kemudian campur dengan daging cincang
  • campurkan tepung tapioka dengan adonan tadi, aduk sampai rata
  • rebus air buat merebus pentol bakso nanti
  • bentuk adonan dengan bantuan sendok kemudian masukan ke air rebusan tadi
  • tanda bakso matang adalah bakso mengapung.

terima kasih , selamat mencoba

11/29/2016     0 Comments